Senin, 01 Oktober 2012

ILMU SOSIAL DASAR (ISD)

NAMA : RESTY RINDASARI S (26312160)
KELAS : 1TB01
DOSEN : PAMILA MAYSARI


Kata Pengantar

            Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan limpahan rahmatNyalah maka saya dapat menyelesaikan makalah ini tepat waktu.
Dalam penyusunan makalah ini, saya tidak lupa mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan tugas makalah ini sehinggga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini. Saya berharap semoga makalah ini bemanfaat bagi kita semua
                                                                                                                        2 Oktober 2012


                                                                                                                              Penyusun




Daftar Isi


Kata Pengantar                       ………………………………………….                   i
Daftar Isi                                 ………………………………………….                   ii
BAB I PENDAHULUAN    
A.    Latar Belakang            ………………………………………….                   1
B.     Tujuan                         ………………………………………….                   1
BAB II PEMBAHASAN
A.    Definisi Ilmu Sosial Dasar      ………………………………….                   2
B.     Tujuan Ilmu Sosial Dasar        ………………………………….                   4
C.     Manfaat Mempelajari Ilmu Sosial Dasar         ………………….                   5
D.    Bahan Ajar Ilmu Sosial Dasar             ………………………….                   5
E.     Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar      ………………………….                   6
BAB III KESIMPULAN
A.    Kesimpulan                 ………………………………………….                   9
Kata Penutup                          ………………………………………….                   10
Daftar Pustaka                                    ………………………………………….                   11



BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Dalam sebuah kehidupan, pasti terdapat sebuah permasalahan. Baik itu permasalahan pribadi, permasalah yang ada di masyarakat dan permasalahan-permasalahan lainnya. Untuk mengkaji masalah-masalah tersebut, maka munculah  berbagai cabang ilmu pengetahuan. Salah satu ilmu tersebut adalah Ilmu sosial dasar. Dalam ilmu sosial dasar, kita akan mempelajari bagaimana kita memahami masalah-masalah yang ada disekitar dan juga cara menyelesaikan masalah tersebut.

B.   Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu :
1.      Diharapkan pembaca dapat mengetahui pengertian/definisi dari ilmu social dasar
2.      Diharapkan pembaca dapat memahami dan lebih peka terhadap masalah-masalah yang ada disekitar
3.      Diharapkan mahasiswa dapat mengamalkan tujuan dari ilmu sosial dasar dalam kehidupan sehari-hari



BAB II
PEMBAHASAN

A.   Definisi Ilmu Sosial Dasar
Filsafat dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, sehingga ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi tiga :
a.       Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah)
Ilmu alamiah digunakan untuk mengetahui segala keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Metode Ilmiah merupakan salah satu cara untuk mengkaji hal ini, yaitu dengan menentukan hukum yang berlaku dan membuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Ilmu alamiah meliputi : Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
b.      Sosial Sciences (Ilmu-ilmu Sosial)
Ilmu Sosial digunakan untuk mengkaji segala keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Dalam hal ini pun menggunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Ilmu sosial terdiri dari : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi dan lain-lain.
c.       Humanities (Ilmu-ilmu Budaya)
Ilmu budaya digunakan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Metode Pengungkapan adalah salah satu cara yang digunakan dalam mengungkap berbagai peristiwa dan kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Ilmu budaya  meliputi Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dan lain-lain.
Dari perkembangan ilmu sosial timbul paham literatur sosial yang disebut Ilmu Pengetahuan Sosial (selanjutnya akan menggunakan singkatan IPS). IPS adalah bidang studi yang merupakan paduan dari sejumlah mata pelajaran sosial. Yang termaksud pada pelajaran IPS yaitu, geografi, sejarah, ekonomi, sosiologi, antropologi dll. Mengikuti pembagian ilmu pengetahuan seperti di atas, maka ilmu sosial dasar dan ilmu budaya dasar adalah satuan pengetahuan di kebangkan sebagai usaha pendidikan dan pembelajaran .
Mengikuti pembagian ilmu pengetahuan seperti tersebut di atas, maka Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar adalah satuan pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan.
 Ilmu sosial dasar adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia tentang masalah sosial, dan juga membicarakan hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Ilmu sosial dasar juga dapat di definisikan sebagai pengetahuan yang mengkaji masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam ilmu-ilmu sosial seperti : sejarah, ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, psikologi sosial. Ilmu sosial bukanlah suatu bidang keahlian ilmu-ilmu sosial tertentu, tetapi berasal berbagai bidang pengetahuan dalam berbagai ilmu-ilmu sosial seperti, sosiologi, sejarah , antropologi, psikologi sosial.
 Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan. Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan juga is tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu-ilmu sosial di atas. Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau program Pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang di Indonesia diberikan di Perguruan Tinggi. Tegasnya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.

B.   Tujuan Ilmu Sosial Dasar
Tujuan diberikannya mata kuliah ilmu social dasar di perguruan tinggi, karena :
a.       Banyaknya kritik yang ditunjukkan pada sistem pendidikan di perguruan tinggi bahwa sistem pendidikan yang diberikan masih berbau kolonial dan warisan sistem pendidikan pemerintah Belanda. Yang pendidikannya bertujuan untuk menghasilkan tenaga terampil untuk menjadi tukang yang mengisi birokrasi mereka.
b.      Sistem pendidikannya masih tidak mengenali dimensi - dimensi lain di luar disiplin keilmuannya. Perguruan tinggi dianggap seolah - olah tidak peka terhadap lingkungan sekitarnya sertak perkembangan masyarakat.

Selain itu, lmu sosial dasar mempunyai 2 tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umumnya yaitu :
-          Pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat dipertajam.
Tujuan khususnya yaitu :
a.       Membantu perkembangan pola pikir mahasiswa
b.      Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
c.        Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
d.      Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis-interdisipliner.
e.        Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
f.       Membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lain.

C.   Manfaat Mempelajari Ilmu Sosial Dasar
Ilmu sosial dasar adalah sebuah ilmu yang diharapkan memberikan pengetahuan dan pengertian umum tentang konsep-konsep dasar yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala social agar daya tanggap, persepsi , dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya dapat menjadi lebih besar. Dari pengertian di atas dapat dipaparkan, kita dapat mengetahui tujuan dari pelajaran tersebut, yaitu untuk membantu kita lebih peka terhadap wawasan pemikiran dan kepribadian kita agar lebih luas dan memiliki ciri-ciri kepribadian mahasiswa yang dibutuhkan oleh lingkungan social di sekitar kita, khusunya berkenaan dengan sikap tingkah laku kita terhadap manusia lainnya dan tingkah laku kita terhadap diri kita sendiri.

D.   Bahan Ajar Ilmu Sosial Dasar
Materi ilmu sosial dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapatmenelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi kenyataankenyataan sosial dan memahami sejumlah konsepsosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran ilmu dasar sosial dapat dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu :
1.       Kenyataan-kenyataan sosial
Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu. Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
2.       Konsep-konsep sosial
Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan­kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan sosial. Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep "keanekaragaman" dan kosep "Kesatuan sosial". Bertolak dari kedua konsep tersebut di atas, maka dapat kita pahami dan sadari bahwa di dalam masyarakat selalu terdapat :
a.      Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baik secara individual atau kelompok/golongan.
b.      Persamaan dan perbedaan kepentingan.
Persamaan dan perbedaan itulah yang menyebabkan sering timbulnya pertentangan/konflik, kerja-sama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.
3.      Masalah-masalah sosial
Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan

E.   Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Ada 2 masalah yang dipakai sebagai pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup pembahasan mata kuliah ISD :
1.      Berbagai aspek yang merupakan suatu masalah sosial yang dapat ditanggapi dengan pendekatan sendiri atau pendekatan gabungan antar bidang.
2.      Adanya keragaman golongan dan kesatuan sosial lain dalam masyarakat.
Berdasarkan ruang lingkup di atas masih perlu penjabaran untuk bisa dioperasionalkan ke pokok bahasan dan sub pokok bahasan, yaitu :
1.      Mempelajarai adanya berbagai masalah kependudukan dan hubungan dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2.      Mempelajari adanya masalah individu dan masyarakat.
3.      Mengkaji masalah kependudukan dan sosialisasi.
4.      Mempelajari hubungan antar warga negara dan negara.
5.      Mempelajari hubungan antara pelapisan sosial dan persamaan derajat.
6.      Mempelajari masalah yang dihadapi masyarakat pedesaan.
7.      Masalah sosial dan ilmu sosial dasar

Masalah yang dihadapi tidaklah sama, disebabkan karena perbedaan tingkat perkembangan kebudayaan masyarakat dan keadaan lingkungan alam. Masalah tersebut dapat berupa sosial, politik, moral dll. Yang membedakan masalah ini ada hubungannya dengan nilai moral dan pranata sosial.
1.      Menurut masyarakat, segala sesuatu yang menyangkut kepentingan umum adalah masalah sosial.
2.      Menurut para ahli, suatu kondisi yang terwujud dalam masyarakat berdasarkan atas studi, mempunyai sifat yang menimbulkan kekacauan.

Secara makna yang terkandung dalam pengertian ilmu social dasar, maka sudah jelas bahwa ruang lingkup ilmu social dasar ini selalu mengarah kepada ruang lingkup dalam ilmu social dasar anatara lain :
1.      Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2.      Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3.      Masalah pemuda dan sosialisasi
4.      Masalah hubungan antara warga negara dan negara.
5.      Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6.      Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7.      Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8.      Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan
ISD menyajikan pemahaman mengenai hakikat manusia sebagai makhluk sosial dan masalahnya dengan menggunakan kerangka pendekatan. Dengan menggunakan kacamata obyektif berarti, konsep dan teori yang berhubungan dengan hakikat manusia dan masalahnya telah dikembangkan dalam ilmu sosial dan digunakan. Sedangkan menurut kacamata subyektif masalah yang dibahas akan dikaju menurut perspektif masyarakat yang bersangkutan.





BAB III
KESIMPULAN

A.   Kesimpulan
Ilmu sosial dasar adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia tentang masalah sosial, dan juga membicarakan hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Tujuan dari mempelajari ilmu social dasar yaitu agar dapat memahami masalah-masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar dan membuat lebih peka terhadap masalah tersebut serta diharapkan pula agar dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan baik.




  

KATA PENUTUP

            Demikian makalah mengenai ilmu sosial dasar ini saya susun. Mohon maaf bila terdapat kesalahan dalam penuliasan kata. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.




DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar